Selamat berjuma lagi dengan Mimin, Kali ini mimin akan membagikan Contoh Soal - Soal Tes Modul B Guru Pembelajar yang selama ini telah diikuti oleh Para Guru di Seluruh Indonesia demi kemajuan Pendidikan. Setiap KKG mendirikan Komunitas SIMPKB Kelas Bawah maupun Kelas Atas yang Nanti hasil dari Pembelajaran tersebut akan dilaporkan kepada tim pengembang Guru Pembelajar ( SIMPKB ) yang hasil dari penilaian tersebut berupa sertifikat SIMPKB jika Nilai Pembelajarannya lebih dari 70... Berat ea. Jika kurang dari nilai yang telah ditargetkan oleh tim pengembang Guru Pembelajar tidak akan mendapatkan sertifikat SIMPKB nya... ehhehehhe
Semoga Guru - Guru di Seluruh Indonesia Menjadi Guru Suri Tauladan bagi Anak Didiknya masing - Masing dan dilindungi Allah SWT.... Amin
Baca juga : Link Alternatif login DHGTK Online, RPP Kelas 1 Semester 1, Kumpulan Perangkat Pembelajaran lengkap
Berikut Contoh Soal - Soal Tes Modul B Guru Pembelajar ( SIMPKB )
SOAL-SOAL TES AKHIR MODUL B
Berikut adalah manfaat mempelajari teori belajar, kecuali…
A. Teori belajar sangat membantu pengajar dalam membelajarkan siswa.
B. Teori belajar memberikan pemahaman tentanng proses terjadinya belajar.
C. Teori belajar memberikan pemahaman agar siswa dapat belajar dengan optimal.
B. Teori belajar memberikan pemahaman bahwa siswa memiliki kondisi faktual, tingkat perkembangan dan kebutuhan yang sama.
2. Menurut pandangan kognitivisme, belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman.
Berikut ini yang termasuk teori belajar kognitivisme adalah…
A. Teori Bruner
B. Teori Bandura
C. Teori Piaget
D. Teori Thorndike
3. Belajar adalah kedekatan hubungan antara stimulus dan respon. Pandangan tersebut merupakan teori dari ....
A. Gutrie C. Thorndike
B. Skinner D. Bandura
4. Teori Bruner menggambarkan anak-anak berkembang melalui 3 tahap perkembangan mental, yaitu enactive, ikonic dan symbolic.
Pada tahap ikonic, yang dilakukan guru adalah…
A. Menuliskan dalam symbol bilangan di papan tulis
B. Menyajikan gambar di papan tulis
C. Membawa benda konkrit untuk ditunjukan kepada siswa
D. Menjelaskan benda konkrit sebagai alat peraga
5. Berikut adalah prinsif pembelajaran yang relatif berlaku umum, kecuali…
A. Prinsif perhatian dan motivasi
B. Prinsif pengulangan
C. Prinsif tantangan
D. Prinsif kesamaan individu
6. Prilaku siswa mencari sumber informasi yang dibutuhkan dalam belajarnya merupakan implikasi dari…
A. Prinsif perhatian
B. Prinsif keaktifan
C. Prinsif pengalaman
D. Prinsif tantangan
7. Prilaku guru yang mau dan mampu mengenali karakteristik setiap siswanya merupakan implikasi dari…
A. Prinsif perbedaan individual
B. Prinsif pengulangan
C. Prinsif balikan dan penguatan
D. Prinsif tantangan
8. Kegiatan eksperimen, menyelesaikan permasalahan-permasalahan non rutin. Merupakan implikasi dari prinsip ....
A. Prinsif perbedaan individual
B. Prinsif pengulangan
C. Prinsif balikan dan penguatan
D. Prinsif tantangan
9. Segera mencocokkan jawabannya dengan kunci jawaban, menanyakan kepada gurunya tentang tugas-tugas yang telah dikerjakan, siap menerima kenyataan terhadap skor/nilai yang diperolehnya dan siap menerima teguran baik dari guru maupun orang tuanya berkaitan dengan hasil yang telah diperolehnya, adalah implikasi dari prinsif ....
A. Prinsif perbedaan individual
B. Prinsif pengulangan
C. Prinsif balikan dan penguatan
D. Prinsif tantangan
10. Guru selalu memberikan pujian baik secara verbal maupun non verbal, adalah implikasi dari prinsif ....
A. Prinsif perhatian dan motivasi
B. Prinsif pengulangan
C. Prinsif tantangan
D. Prinsif kesamaan individu
11. Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ….
A. Anak akan belajar jika dibiasakan
B. Anak akan belajar jika selalu diperintah
C. Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
D. Anak akan belajar jika diberikan motivasi
12. Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah .…
A. membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
B. membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
C. membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
D. menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
13. Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ….
A. bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
B. bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
C. metode yang menggunakan multimedia
D. model yang dmenggunakan model-model terkini
14. Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ….
A. menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi,
B. memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar
C. melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda
D. melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai bahan pelajaran
15. Ciri utama pembelajaran berdasarkan konstruktivisme diantaranya adalah….
A. Fokus pada perkembangan dan kemampuan kognitif siswa
B. Peran guru sebagai pengajar lebih dominan dalam proses pembelajaran
C. Terjadi perpindahan ilmu pengetahuan dari guru kepada murid
D. Pembelajaran berlangsung konstektual dan mengutamakan proses
16. Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
A. Behaviorisme C. Konstruktivisme
B. Kognitivisme D. Humanisme
17. (-52) – 715 : 143 + 375 × (-5) =…
A. (-1932)
B. - 132
C. (-1848)
D. 1848
18. Bu Nani pergi ke perpustakaan setiap 5 hari sekali. Bu Vina pergi ke perpustakaan setiap satu menit sekali. Mereka pergi ke perpustakaan secara bersamaan pada tanggal 03 Desember 2016.
Mereka akan pergi secara bersamaan lagi pada tanggal..
A. 06 Januari 2017
B. 07 Januari 2017
C. 08 Januari 2017
D. 09 Januari 2017
19. Sebuah kubus volumenya 42.875 cm3.
Panjang sisi kubus tersebut adalah…
A. 25 cm
B. 35 cm
C. 45 cm
D. 55 cm
20. 21/5 : 1/4 + 21/4 × 1/2 = …
A. 9 37/40
B. 1217/40
C. 53/13
D. 13/53
21. Perbandingan uang Adi dan uang Dito 5 : 8. Jumlah uang mereka Rp. 52.000,-.Uang Dito adalah…
A. Rp. 20.000,-
B. Rp. 32.000,-
C. Rp. 40.000,-
D. Rp. 52.000,-
22. Berikut adalah data berat badan siswa kelas VI:
25 35 24 22 27 28 22 30 27 34
27 26 25 25 27 25 24 27 32 22
Modus dari data diatas adalah…
A. 25
B. 26.5
C. 27
D. 28,5
23. Median dari data soal nomor 12 adalah…
A. 25,5
B. 26
C. 27
D. 28,5
24. Ibu akan membagikan 48 buku, 32 pensil dan 12 penghapus sama banyak kepada anak yatim. Ibu ingin membagikannya kepada sebanyak-banyaknya anak yaitu…
A. 4 orang
B. 16 orang
C. 26 orang
D. 36 orang
25. Luas sebuah persegi 1.849 cm2 . Panjang sisi persegi tersebut adalah…
A. 13 cm
B. 23 cm
C. 33 cm
D. 43 cm
26. Ali bersepeda dari Yogya ke Sala dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Ia Berangkat pada pukul 07.00. Satu jam kemudian Slamet menyusul Ali mengendarai sepeda motor dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam. Pada km berapa dan pukul berapa Slamet menyusul Ali?
A. 40 C. 80
B. 60 D. 90
27. Ayah membeli 32 ayam jantan dan 40 ayam betina. Ayah ingin memasukkan ayam tersebut ke dalam kandang dengan ayam jantan dan ayam betina yang sama banyak pada tiap kandangnya. Berapa kandang paling banyak yang harus ayah sediakan?
A. 6 C. 8
B. 7 D. 9
28. Untuk persiapan 17-an, RT kami memasang lampu hias warna merah, kuning, dan hijau. Lampu merah menyala tiap 6 menit, lampu kuning menyala tiap 8 menit, dan lampu hijau menyala tiap 12 menit. Bila ketiga lampu tersebut dinyalakan bersama pada pukul 19.30. pada pukul berapa ketiga lampu tersebut menyala secara bersama-sama untuk yang kedua kalinya?
A. 19.54 C. 20.54
B. 19.42 D. 20. 42
29. Heni akan membuat taplak meja berbentuk persegi panjang berukuran 40 cm × 90 cm dengan menggunakan persegi satuan. Agar Ia tidak membuat banyak persegi satuan, berapakah ukuran terbesar persegi satuan sehingga dapat menutupi semua permukaan meja tersebut?
A. 50 cm C. 70 cm
B. 60 cm D. 80 cm
30. Data nilai ulangan Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Suka Maju disajikan pada tabel berikut.
Nilai 5 6 7 8 9 10
Banyak Siswa 4 2 13 3 9 1
Banyak siswa yang nilainya kurang dari rata-rata adalah ….
A. 6 C. 11
B. 7 D. 19
31. Selisih antara dua pecahan adalah 1/12 dan jumlahnya adalah 3/4. Kedua pecahan yang dimaksud adalah ….
A. 8/12 dan 9/12 C. 5/12 dan 4/12
B. 7/12 dan 8/12 D. 4/12 dan 3/12
Demikian Contoh Soal - Soal Tes Modul B Guru Pembelajar ( SIMPKB ), Semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam Pembuatan Soal-Soal Tes Modul B SIMPKB.
==== Sekian dan Terimakasih =====