PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN STATISTIK, DATA
Untuk membantu mereka menyelesaikan masalah ini, guru perlu membimbing mereka menggunakan bahan manipulatif, peraga, diagram, atau gambar dalam proses memahami pokok permasalahan.
Contoh 1
Suatu toko memberikan potongan harga sebesar 25%. Jika harga satu baju adalah 60.000 rupiah maka seseorang harus membayar berapa untuk membeli satu baju itu?
Jawab:
60.000 rupiah dinyatakan sebagai empat bagian yang sama, masing-masing bagian senilai 15.000 rupiah potongan pembayaran: 3 bagian, yaitu 3 x 15.000 rupiah, atau pembayaran dapat diperoleh dari:
75% dari 60000 rupiah ↔ 75% x 60000 rupiah
75% x 60000 rupiah = x 60000 rupiah
= x 60000 rupiah = 45000 rupiah
Baca juga : Contoh Proposal Sanlat, Contoh Proposal Pramuka, Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1, 2 dan 3
Kesulitan mengkaitkan pecahan dan persen, misalnya mengisi jawaban: = ...%, = ...%, = ...%
Usaha guru untuk membantu siswa adalah memberikan bimbingan kepada mereka untuk memahami kesamaan makna persen dengan perseratus, artinya mencari nama lain suatu pecahan tetapi penyebutnya adalah 100, sehingga translasi kesejajaran dapat dibuat, yaitu:
= = (a x k) % jika b x k = 100
Contoh: = ...% ↔ = karena 5 x 2 = 100, maka = = = 40%
Contoh 2
Dalam menjelaskan tentang mean (rata-rata) dalam jumlah banyak. Startegi yang lakukan dengan menjelaskan materi secara terperinci berikut rumus-rumusnya, seperti :
Baca juga : Contoh Proposal Sanlat, Contoh Proposal Pramuka, Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1, 2 dan 2
Download Segera Aplikasi Dapodik Web Di Android ππππ Disini ππππ
Mean
Mean adalah nila rata-rata dari keseluruhan data yang di dapat. Nilai rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan seluruh nilai kemudian dibagi dengan banyaknya data.
Rata-rata = Jumlah data
Banyak data
Sebagai contoh dari data di atas kita bisa mencari meannya dengan cara menjumlahkan nilai yang ada kemudian dibagi dengan jumlah siswa yang ada, seperti ini:
50+60+65+70+75+80 = 400 = 8 50 50
Jadi nilai rata-rata siswa kelas VI untuk pelajaran matematika di SD N Tegal Caringin adalah = 8
Modus
Modus merupakan nilai yang paling sering muncul di dalam data tersebut. Bila dilihat dari data nilai matematika siswa kelas VI SD N Tegal Caringin maka nilai yang paling sering muncul adalah 70 karena ada 14 siswa yang mendapatkan nilai 70.
Baca juga : Contoh Proposal Sanlat, Contoh Proposal Pramuka, Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1, 2 dan 2Median
Median adalah nilai tengah-tengah. Diperoleh dengan cara mengurutkan nilai-nilai yang ada dari yang terkecil sampai terbesar.
mean (rata‐rata) untuk pemecahan masalah (problem solving) median dan modus, pada pokok bahasan ini peserta didik banyak yang merasa kesulitan untuk memhami materi yang guru berikan.
Kegiatan yang berkaitan dengan statistik dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mengambil rata-rata hasil ulangan harian peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka pengantar pebelajaran statistika perlu diperkenalkan kepada anak sejak usia SD.
Karena anak belum mampu berpikir secara mendalam, maka sebaiknya statistika diberikan pada anak SD kelas tinggi. Hal ini karena dalam statistik banyak digunakan perhitungan-perhitungan sehingga diharapkan dalam pembelajaran statistik anak tidak menjadi terbebani. Untuk itu dalam kegiatan pembelajaran hendaknya dikaitkan dengan kegiatan bermain yang disenangi siswa atau dikaitkan dengan hal-hal langsung yang dialami oleh peserta didik langsung baik dilakukan di dalam maupun di luar kelas.
Sumber : Buku Pelajaran Sekolah Dasar
Baca juga : Contoh Proposal Sanlat, Contoh Proposal Pramuka, Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1, 2 dan 3
Download Segera Aplikasi Dapodik Web Di Android ππππ Disini ππππ
Sumber : Buku Pelajaran Sekolah Dasar
Baca juga : Contoh Proposal Sanlat, Contoh Proposal Pramuka, Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1, 2 dan 3
Download Segera Aplikasi Dapodik Web Di Android ππππ Disini ππππ